Sepahit apapun hari ini, akan menjadi kenangan manis di masa depan

Setelah menyelesaikan amanah sebagai dosen wali untuk semester 1 bagi mahasiswa angkatan pertama di program studi ini rasanya lega melihat progress yang ditunjukkan mereka. Teringat saat pertama kali pendaftaran mahasiswa baru, ada salah satu orang yang menjelang daftar ulang mendadak ingin mundur karena masalah biaya. Sebenarnya untuk angkatan pertama ini full beasiswa pendidikan sampai lulus, hanya saja tidak termasuk beasiswa biaya hidup. Untuk ukuran biaya hidup sehari-hari dan kost di Depok memang dirasa berat bagi  calon MABA ini, mengingat ia berasal dari desa dengan penghasilan orang tua yang tidak besar sebagai supir dan asisten rumah tangga.

Alhamdulillah, berkat ide dari salah satu guru besar yang mencanangkan santunan dari staff pengajar. Akhirnya MABA tersebut mau melanjutkan proses daftar ulang. Setelah perkuliahan berjalan, ia pun rupanya belum bisa beradaptasi dengan lingkungan kampus dengan teman-teman yang berasal dari Jabodetabek. Akhirnya sang MABA, minder, stress, ingin mundur kembali, akhirnya tetap bertahan setelah diberikan support baik dari staff pengajar dan keluarganya. Alhamdulillah di akhir semester, rupanya MABA tersebut bisa survive juga, dengan nilai yang baik untuk tiap mata kuliah.

Saya sering bercerita di kelas, bagaiman teman-teman kuliah saya dulu dengan kesulitannya masing-masing justru bisa berprestasi dan sukses di saat ini. Yang mau baca kisah teman-teman saya (7 bintang di puncak kenanga) bisa klik disini. Untuk masalah  keuangan, jika tidak mendapat solusi sendiri, saya selalu menekankan untuk cerita saja baik ke teman atau ke saya pun tidak apa-apa. Saya tidak ingin kejadian teman kontrakan saya terulang pada mereka. Ya. Teman saya si bintang keempat, ceritanya bisa dibaca disini.

Di akhir tulisan ini, saya ingin menyampaikan kepada mahasiswa yang saat ini dalam kesulitan bahwa sepahit apapun hari-hari kita saat ini, di masa yang akan datang akan menjadi kenangan manis.

Silahkan tinggalkan komentar

