HUJAN, FUNGI, DAN IBU

Hujan yang mengamuk.

Langkah kaki saya tersaruk-saruk menyusuri jalanan komplek. Air semata kaki membuat sarung saya terpaksa saya naikkan meski sebenarnya tetap basah karena cipratan dari langkah kaki yang panjang-panjang dan tergesa. Lepas sholat isya di mushola komplek, hujan mengganas, rapat, dan tetesnya yang besar-besar. Baru rakaat pertama isya tadi mati listrik, maka saat di jalan ini pulalah yang jadi penerang adalah kilat dari petir yang mengamuk. Ngeri.

Hanya karena Fungi.

Endophyte Fungi yaitu fungi yang berasosiasi dalam jaringan tanaman yang tidak menimbulkan kerugaian bagi tanaman sebagai inangnya. Topik penelitian yang sedang saya teliti saat ini. Fungi, selalu tersedia kelapangan hati. Dari 72 isolat fungi yang diperoleh dari eskplorasi sisa 5 isolat karena ada kontaminasi fungi lainnya, Trichoderma. Maka, karena fungi juga penelitian saya harus diulang dari awal.

Pertemuan dengan Ibu.

Ibu datang ke Bogor, tepatnya singgah. Hanya bertemu di Baranangsiang sekitar setengah jam. Selalu saja ada perasaan yang membuncah saat pertemuan itu akan terjadi, dalam perjalanan Dramaga ke Baranangsiang hati saya selalu bergetar, apa ini karena rindu?

Perpustakaan LSI IPB, Β April 2013

8 thoughts on “HUJAN, FUNGI, DAN IBU

  1. Evan muncul lg…… πŸ™‚

    Dilihat dari judulnya, awalnya saya menerka tulisan ini bakal nyerempet2 ke cerita seperti halnya Partikel-nya mbak Dee… Ternyata……

    Apa hubungan hujan dengan fungi dan Ibu? Kalo hubungan fungi dan Ibu, saya masih paham, sehingga dirimu menggabungkannya dalam tulisan ini.
    Tapi saya belum dapat benang merah, kaitan hujan dengan 2 bagian lainnya.
    Mohon penjelasannya kakaaak…

Silahkan tinggalkan komentar

