Gak PD berbahasa inggris

Berbahasa inggris itu, meski sudah diajarkan sejak SD, tapi tetep kalau disuruh ngomong di depan banyak orang rasanya grogi. ini salah satu pengalaman saya. Berhubung memang kurang PD dengan berbahasa inggris akhirnya ikutlah salah satu club bahasa inggris, namanya BOGOR SCIENCE CLUB. Meski gak hanya berbahasa inggris saja, club ini mengajak supaya anggotanya pandai bahasa inggris untuk mempresentasikan hasil-hasil penelitiannya, misal untuk konferensi / seminar internasional yang banyak banget infonya di IPB.

 

430908_4124010465647_249507652_n

Ternyata animo untuk masuk club ini cukup besar, sebab tuntutan sebagai mahasiswa yang banyak tugas dengan referensi yang banyak dalam bahasa inggris. Selain itu mimpi kami juga kali ya, suatu saat nanti pengen ke luar negeri (walau entah kapan, meski kesempatan terbuka lebaar, sebenarnya kalo ada niat ada jalan kali ya). Beberapa teman-teman saya sudah  jepang dan australia, baik untuk program winter course atau sekedar jadi mempresentasikan hasil penelitiannya di level internasional. Lha, saya? Beuh.. masih taraf lokal. Baru satu kali presentasi di seminar nasional. Seminar / konferensi internasional malah belum.

Kembali pada masalah bahasa atau malah mungkin kepercayaan diri, saya kira yang paling utama adalah kepercayaan diri. Saya lihat teman-teman yang senasib dengan saya, yang hanya level lokal bahasa inggris mereka bagus, cuman belum ada kemauan dan juga kepercayaan diri untuk ikut, atau mungkin sudah ada kemauan tapi belum kuat jadi usaha untuk lolos call for paper belum maksimal. Semoga tahun ini bisa untuk sekali saja, presentasi di seminar internasional atau call for paper di luar negeri, he… ngarep.. aamiin..

 

 

16 comments

  1. Aamiin… semoga impian ke luar negeri bener2 jadi kenyataan ya Van…. :-). Tunggu saya di Belanda, kita tiupin kincir angin bareng2, wkwkwkwk

Silahkan tinggalkan komentar

