Setulus Harapan (3) [FIKSI]

(episode 2 dapat dilihat di sini)

Bunda.. mengering sudah air matamu..

desing sirene yang meraung sepanjang jalan itu, biar aku yang redam..

separuh hidupmu, biarlah ku tanggung..

dengan izin Allah,, bunda.. kebutuhan kita akan terpenuhi.

Maka, izinkanlah aku menikah..

———————————————————————————————————————————————- 

Sepuluh tahun yang lalu.

Hampor, 2003

“ Tien!!” teriaku.

Sang pemilik nama menoleh.

“ Tunggu “ aku terpogoh-pogoh menghampirinya di gerbang sekolah. SMP Hampor.

“Ini” aku sodorkan buku yang kupinjam seminggu kemarin.

Setelah Tien menerimanya, aku hanya nyengir, tanpa berterima kasih, kemudian kabur.

Persiapan cerdas cermat tingkat kabupaten yang biasa berlangsung setahun sekali digelar, kini mulai terasa di SMP Hampor. Meski SMP kami bukan yang terbaik di kota kami, tapi tidak menyurutkan langkah kami untuk ikut. Oleh sebab itu, aku pinjem buku biologi Tien. Dia, salah satu murid terbaik. Selain itu, pinter ngaji.

Hari H. Aku, Tien, dan Risa di regu C. Jujur, berhadapan dengan lawan dari siswa SMP terbaik membuat aku panas dingin. Persis sebelum lomba dimulai, Bu Iis pembina OSIS SMP ku, menghampiri kami, membisikan sesuatu pada Tien. Lalu membawa Tien dari podium. Aku melihat Bu Iis merangkul Tien di belakang penonton, sementara Tien menangis. Tien,,, kenapa??

***

Dramaga, 2013

Setitik harapan. Setelah tenggelam dalam doa-doa panjang dengan lantunan dzikir melembutkan hati, menguatkan keyakinan. Akhirnya aku coba meraih ponsel, mencari sebuah nama dan menekan tombol call. Setelah jeda nada sambung, suara seseorang di ujung telepon terdengar. Hingga akhirnya,

“ Ibu.. Yana sudah menemukan seorang wanita sholehah, izinkan Yana menikah Bu” kataku serak.

9 comments

    1. Aduuh.. dipuji sama penulis SENSE saya jadi serasa terbang 😀
      Saya ngefans sama tulisanmu, Ham.. keren.. Vetra sama Angga dah lama aku baca sampe tamat, download yang versi ebook nya

    2. Iya udah tamat,, kirain mah yang teka-teki di sekolah itu beneran hantu, ckckck.. ternyata.. Keren pokoknya..
      Belum dapat award tuh Ham.. 😀

Silahkan tinggalkan komentar

