MENYELAMI PASSION SEBAGAI BAGIAN DARI KARIR KITA

Passion atau dapat diartikan sebagai panggilan jiwa, melalukan hal-hal yang kita sukai meski tidak dibayarpun kita akan senang melakukannya. Kalau menurut Rene Suhardono (penulis buku Your Job is not Your Career), passion merupakan segala hal yang kita sukai atau minati sedemikian rupa sehingga kita tidak terpikir untuk tidak mengerjakannya.

Passion.. dari obrolan dengan teman dan buku-buku yang saya baca tiap orang akan memiliki passion sendiri namun masalahnya tidak tiap orang telah menemukannya. Saya sendiri masih agak ragu dengan passion yang dimiliki. Beberapa hal yang saya sukai sebenarnya saya anggap passion tapi kayaknya belum mantap dan perlu digali lagi, sebab tidak mudah menemukannya. Bisa jadi passion itu telah saya temukan tapi tidak pernah disadari dan tidak pernah terasah. Emh.. entahlah yang pasti saya sedang menjalani kehidupan ke arah sana dengan berbagai eksperimen untuk menyelami si passion,hehee…

Kadang lewat pendidikan passion suka jadi ‘kabur’, misalnya orang suka banyak ngomong kuliah di pertanian, padahal mungkin lebih potensial kalau masuk di komunikasi. Tapi katanya (dari obrolan dan buku), passion tidak harus menjadi pekerjaan yang akan kita jalani, tapi bisa jadi sekedar hiburan atau menjadi sesuatu yang akan menyegarkan pikiran kita. Teman saya, Agri, bercita-cita menjadi seorang peneliti yang konsen meneliti lalat buah, mulai dari skirpsi, dunia kerja, dan rencana tesis tentang lalat buah. Tapi siapa sangka ternyata kesukaannya bermain musik, dia bilang itu passion-nya dan tidak akan meninggalkan musik meski menjadi peneliti. Mas Erwin juga, meski bekerja di perusahaan pestisida, kalau sudah berhubungan dengan barang elektronik berupa gadget dan ngegame pasti jagonya. Dan dari kedua teman saya tersebut terbukti berhasil dengan pekerjaan dan passionnya masing-masing.

Saya suka dengan yang dikatakan Bang Rene dalam bukunya Your Job is not Your Carier, bahwa pekerjaan itu adalah sepenuhnya milik perusahaan tempat bekerja dan meliputi sesuatu yang berkaitan dengan GAJI, JABATAN, dan tanggungjawab. Sementara passion ada dalam perjalanan karir, dimana karir adalah miliki sendiri dan menyangkut segala hal yang berkaitan dengan hal-hal yang bersifat pribadi berupa passion, mimpi atau tujuan hidup, dan berujung pada kebahagian dan ketercapaian/kepuasan dalam hidup.

Dapat saya ambil kesimpulan bahwa sebenarnya dalam hidup tidak selalu untuk uang semata, tapi juga untuk kebahagian dan ketercapaian/kepuasaan menikmati hidup. Kedua, jangan pernah tinggalkan passion meski kita bekerja di luar passion kita. Sebab sebenarnya pekerjaan yang kita akan atau sedang lakukan adalah sebuah alat menuju karir yang menjadi miliki kita, yang menjadi mimpi dan tujuan hidup kita 😀

 

Silahkan tinggalkan komentar

