Kesiapan untuk menikah

Obrolan mengenai nikah kembali menghangat di antara teman kampus saya dari minggu kemarin. Maklum di umur menjelang 24 tahun sepertinya memang sudah harus terlintas dengan kata menikah.

Obrolan terakhir kami adalah mengenai kesiapan menikah. Nah, kebetulan sekali teman satu departemen saya adalah seorang pria yang dulu memutuskan menikah muda saat masih aktif kuliah di S1 dan umurnya 1 tahun di atas saya.

Ketika saya tanya apa yang buat dia siap menikah.

Lalu dia jawab yang penting adalah siap mental dan punya visi. Alasannya dengan mental yang telah siap maka saat menemui masalah ketika menikah maka kamu akan lebih kuat. Visi adalah tujuan kamu,, maka ketika kamu di tengah jalan melenceng,, maka akan lebih mudah untuk kembali ke jalur yang telah kamu tetapkan

Kemudian saya tanya lagi, bagaimana cara bilang sama orang tua kalau kita ingin nikah,, (mungkin agak aneh ya pertanyaan saya, tapi jujur sampe saat ini saya belum kepikir aja saat minta restu orang tua,hheheh)

Teman saya bilang,, mantapkan dulu antara kamu dan pasangan kamu.. jadi memang keinginan menikah itu ada diantara keduanya dan juga sudah mempunyai visi yang sama..

Bagi saya mengukur kesiapan menikah itu sepertinya gampang-gampang sulit ya,, apalagi jika dibenturkan dengan kemampuan finansial. Tapi  teman saya bilang insya allah rezeki mah pasti ada aja,, buktinya dia mampu memutuskan menikah saat belum lulus S1 dan belum bekerja.

Dari obrolan dengan teman kemarin dan juga melihat teman yang lain sepertinya kesiapan untuk menikah itu sepertinya diukur dari seberapa kuat niat kita untuk menikah dengan memiliki visi yang kuat dan didukung kesiapan mental. Tidak sedikit juga kayaknya yang sudah mapan secara finansial tapi belum memiliki kesiapan untuk menikah.

Itu sih, baru obrolan dari satu orang aja,, mungkin kalau saya tanya sama 5 orang berbeda pasti akan mendapat jawaban yang berbeda.

Semoga saja yang sedang merencakan atau akan menikah selalu diberikan kemudahan dalam tiap prosesnya. Aamiin

3 comments

Silahkan tinggalkan komentar

