Jika Bibir Manusia sama dengan Bibir Nematoda (???)

Ini masih berhubungan dengan tulisan sebelumnya tentang nematoda (klik link bergaris bawah), binatang yang berbentuk benang menyerupai cacing (tapi lebih kecil dari cacing).

Setelah baca-baca materi kuliah bagian Nematoda Parasit Tumbuhan dan menemukan bahwa dari anatomi nemotoda memiliki 6 BUAH BIBIR dan 16 struktur sensor di rongga mulutnya. Sekali lagi 6 buah BIBIR!!!

Mulut nematoda

Masya Allah!!!

Kebayang kalau manusia punya bibir sebanyak itu.. entah akan berapa banyak hati yang tersakiti oleh lisan yang tak terjaga, betapa ramainya pasar saat transaksi jual beli, dan pepatah “talk less do more” kayaknya gak bakal ngaruh.. ahhaha… jadinya nanti banyak bicara sedikit bekerja..  astagfirullah.. punya satu bibir aja kita sering gak bisa ngontrol, apakah itu mencela orang, bergosip, dan lain-lain.

Hmm.. beruntung hanya nematoda yang punya 6 bibir.. dan kita manusia hanya punya 1 pasa bibir (atas dan bawah).

Saya juga mohon ampun kalo dengan 1 pasang bibir ini pernah ada hati yang tersakiti lewat lisan saya yang tak terjaga,hehe..

(Mari lanjutkan baca materi, besok ujian,hee… mohon doakan yaa..)

Sumber Gambar:

http://www.sciencephoto.com/media/366479/enlarge

8 thoughts on “Jika Bibir Manusia sama dengan Bibir Nematoda (???)

  1. Hmm, kalau bibir manusia seperti bibir Nematoda saya rasa manusia nggak justru malah nggak bisa ngomong haha, fungsi-nya untuk menghisap bukan mulut mereka?

    Ujian apa nih? Seperti-nya seru belajar parasit-parasit.

  2. iya tuh dikasih satu pasang bibir saja sudah banyak yang tersakiti lho.. apalagi jika punya enam bibir…. subhanallah

    maka nikmat Tuhanmu yang manakana yang kamu dustakan

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s