Saya pun DOKTER [tanaman]

Kenapa anak kecil kalau ditanya cita2, jawabnya pengen jadi dokter??

Kalo diinget-inget saya juga begitu jawabannya.. meski berubah-rubah. Kelas 2 SMA saya pengen jadi akuntan, sebab senang pelajaran akuntansi.. Tapi akhirnya saya masuk kelas IPA.. saat itu pengen jadi psikolog, sempet beralih pengen jadi dokter gigi, beralih pengen masuk kuliah di FISIP, administrasi negera. Eh, pengen jadi news announcer.. balik lagi pengen jadi psikologi.. dulu ikut UM-UGM pilihan satunya ambil psikologi, dan gagal.

Saya gak pernah ikut SMPB.. waktu itu di sekolah ada pendaftaran PMDK (masuk univ tanpa test gitu lah). Ada banyak pilhan universitas,, khusus PMDK ke Universitas Indonesia diseleksi ketat akhirnya ada 4 orang dan lolos semua, seingat saya ada yang jurusan kesehatan masyarakat, arsitektur, psikologi, sama satu lagi lupa jurusan apa.

Saya sendiri iseng daftar-daftar ke smua univ keculai UI, dan kena omel guru BK, katanya pilih satu aja. Entah kenapa iseng milih salah 1 PTN (perguruan tinggi negeri) di jawa tengah, gak tau kenapa milih itu, mungkin karena ada embel2 jenderal. Saat pilih jurusan saya pun iseng, terpilihlah Teknik pertanian,, karena memang iseng2 berhadiah, eh,, ternyata dapat ‘hadiah’ beneran. Saya keterima tapi di jurusan lain, Hama dan Penyakit Tumbuhan.. Whats?? jurusan apa itu??

Mau tak mau harus diambil juga, habis semester 2, saya ikut test lagi masih psikologi,, bahkan dengan kedokteran (Ckckck.. gila.. obesesi banget), sampai habis semester 4 saya ikut test lagi dengan jurusan sama dan masih gagal..

Whats wrong??? saya yang bodohkan??

atau memang belum rezeki kali (menghibur diri sendiri).

Mau tak mau lagi saya bertahan di HPT, hingga saya mulai menikmatinya bahkan sampai lulus, dan diluar dugaan saya bisa melanjutkan ke strata lebih tinggi di fitopatologi. Di luar dugaan, tak menyangka bisa sejauh ini..

Malam ini saya buka2 fb temen2 SMA dulu.. melihat seorang teman dengan jas putih melekat ditubuhnya mengingatkan saya bahwa dulu sempat terobsesi jadi dokter. Ingat sekali pas bilang sama ibu pengen pindah kuliah ke kedokteran, dan waktu itu ayah cuma menanggapi biasa, tapi saya yakin hatinya bergemuruh.. mungkin terlintas dipikirannya dari mana biayanya..ย tapi itulah orang tua mereka menuruti permintaan saya..

Tapi ketentuan Allah memang lain,, saya harus gagal 3 kali. Mencoba mencari hikmah dari kegagalan saya itu ternyata banyak juga lho..

1. Klo masuk kedokteran sapa tahu saya jadi angkuh dan sombong

2. Klo masuk kedokteran mungkin saya bisa putus kuliah, coz ayah saya ternyata meninggal 2 tahun sebelum saya lulus..ย tar yang bayar uang kuliah siapa??

3. Klo masuk kedokteran belum tentu saya bisa seperti saya sekarang ini

Mensyukuri apa yang telah kita dapatkan ternyata jauh lebih menyembuhkan..

21 thoughts on “Saya pun DOKTER [tanaman]

    1. yaelah lagian klo aku jadi kakak kelas mu tar gak bisa seakrab ini kali, hahaha… tar klo aku yang jd asdos km tak kerjai, hehhe

    1. ngerasa ga pas aja maen2in nyawanya orang., apalagi mel orangnya ceroboh, ga lucu kalau habis operasi pisau bedahnya ketinggalan di perut pasien.. hahaha

      tapi alasan utamanya, saya ga suka biologi. hehhe

  1. Luar biasa… ๐Ÿ˜ฅ

    Yakinilah, bahwa apa yang kita inginkan belum tentu yang kita benar2 butuhkan. Percaya saja bahwa Allah paling tahu apa yang kita butuhkan. ๐Ÿ˜ฅ

  2. saya juga dari kecil punya cita2 yang cukup spesifik. dari dokter bedah, ahli biologi, psikolog. tapi kenyataannya saya justru lemah di mata pelajaran eksakta. tapi bukan berarti pilihan menjadi semakin sempit ketika kita dewasa. malah ada anjuran untuk tetap bermimpi seperti ketika kita masih kecil. ๐Ÿ˜€ karena kesempatan itu bukan datang karena kebetulan, tapi karena kita kejar, semoga kita tetap berani bermimpi, dan fokus pada segala tindakan yang membaikkan kehidupan kita. Amin. ๐Ÿ™‚

  3. wah asik, ternyata yang cita2nya ganti2 gak cuman sayah ๐Ÿ˜€ *nyari temen*
    emang ya,, masa depan itu penuh misteri, gak tau ke depannya jadi gimana, tapi semua yang terjadi pasti adalah jalan yang terbaik selama kita berusaha dengan baik juga ๐Ÿ˜€ *sok iye*

Silahkan tinggalkan komentar

