Penyakit Hawar Daun.. Phytophtora Colocasiae

gejala hawar daun pada talas

gejala hawar daun pada talas

Spora Phytophthora colocasiae

Spora Phytophthora colocasiae

            Phytophthora colocasiae ditemukan pertama kali oleh Raciborski secara kebetulan pada bercak daun tanaman talas, Colocasia esculata (L.) Schott., di Jawa. Sekarang patogen ini diakui penyebab utama kehilangan hasil talas dan dapat menyebabkan kehilangan hasil di lapang sebesar 30 – 50% apabila kondisi lingkungan sesuai dengan perkembangan penyakit. Talas merupakan tanaman tropis yang digunakan sebagai makanan pokok bagi banyak orang di negara berkembang. P. colocasiae merupakan patogen yang mempunyai kisaran inang terbatas, umumnya menyerang pada ubi rambat dan talas. Sedikit informasi mengenai asal P. colocasiae tanpa ada indikasi berasal dari asia dan kemungkinan terdistribusi melalui perbanyakan tanaman dan melalui tanah.

            P. colocasiae menghasilkan sopra yanng siap lepas pada air dan dapat menyebar oleh percikan hujan tapi tidak oleh angin. Sejak P. colocasiae bertahan dalam akar dan memproduksi oospore dan klamidospora sehingga menyebabkan adanya ketersediaan inokulum.

Biasanya infeksi dimulai dari cuping dan samping daun dimana air sering tertampung. Luka infeksi secara berangsur-angsur akan meluas dan menjadi coklat gelap dengan garis tepi kuning.Keberadaan P. colocasiae dapat ditandakan dengan terlihatnya bulu halus berwarna putih di sekitar luka. Ciri diagnosis lainnya adalah adanya cairan kuning kemerahan yang menetes dari pusat luka. Eksudat tersebut akan menjadi coklat kehitaman dan keras setelah kering. Pada penyakit tingkat lanjut, luka akan berbentuk tidak teratur dengan berbagai ukuran atau meluas keseluruh daun.

Penyakit menyebar melalui pemencaran sporangia oleh percikan. Penyakit akan meningkat pada temperatur antara 25 dan 280 C dan kelembaban relatif pada atau dibawah 65% selama siang hari serta pada temperatur 20 sampai 22oC dan kelembaban relatif 100% selama malam hari. Penyebaran penyakit oleh percikan air pada sporangia dan zoospore diatas permukaan daun.

Hawar daun sulit dikendalikan saat curah hujan tinggi. Pembakaran daun yang terinfeksi dan menghilangkan sisa tanaman setelah panen merupakan cara efektif. Keparahan penyakit akan meningkat oleh tingginya kelembaban relatif, sehingga menutup tanaman atau menanam pada area yang memiliki naungan harus dihindari. Selain itu pengendalian dapat dicoba dengan membenahi cara budidaya, tetapi sering tidak efektif.

a.       Pengendalian secara kultur teknis:

1.      Membuat kebun baru sejauh mungkin dari yang lama

2.      Periksa talas muda dua kali seminggu, memotong daun yang terindeksi segera setelah gejala terlihat, namun pada curah hujan tinggi cara ini hanya dapat menunda kemunculan penyakit

3.      Penanaman dilakukan di dataran tinggi, sebab penyakit jauh lebih sedikit pada suhu dingin

b.      Pengendalia dengan varietas tahan:

c.       Pengendalian kimiawi

  •  Gunakan fungisida tembaga (terutama tembaga oksiklorida), tetapi mereka harus digunakan  sering dan hanya direkomendasikan di mana talas ditanam untuk dijual.
  • Gunakan metalaxyl (produk sistemik) dalam kombinasi dengan tembaga, bahkan memberikan
    kontrol yang lebih baik, tetapi biaya yang tinggi;
  • Gunakan asam fosfat bergantian dengan mancozeb. Untuk mencegah membusuk penyimpanan, mencuci tanah dari corms, memangkas daun dan menempatkan mereka dalam
    kantong plastik. Mencuci corms dalam 1 persen pemutih rumah tangga terlebih dahulu meningkatkan
    penyimpanan.

Daftar Pustaka:

Erwin, D.C. dan Olof K. Riberio.1996. Phytophthora Disease Wordwode. APS Press, St. Paul Minnesota. Pp 299-300.

Iklan

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s