Setengah Isi Setengah Kosong

Dari pojok kenanga, pukul 16.03 WIB

Rehat sejenak.. memberi ruang pada hati. Ingin saya katupkan kelopak mata dan berbaring di atas ranjang sore ini. Namun, barang sekejap pun tak dapat saya terpejam, banyak yang berkecamuk dalam hati saya. Semua ingin segera saya curahkan yg semoga saja beban saya terkurangi,hehe.. sebab kata2 terus menari dipikiran saya jadi tak ada salahnya saya buka laptop teman yang sore ini diamanahkan kepada saya untuk dirawat. Maka detik itu pun mulai menuliskan semua yang sedang saya pikirkan sore ini.

Berawal dari bacaan buku Setengah Isi Setengah kosong* (yang saya bajak dari kamar teman,he..). Saya membacanya dengan acak dan tak menentu dari halaman mana, sesuka hati saya membacanya hingga sampailah pada sebuah kalimat begini:

“ Ada saja orang yang berkutat pada sisi negatif orang lain dibandingkan dengan potensi-potensi yang dimilikinya. Masih ada juga orang yang lebih menceritakan gelas kosong orang lain dari pada gelas isi darinya ”.

Membacanya membuat saya berpikir bahwa sudut padang orang menilai orang lain tentu saja tidak sama.  Bisa jadi hubungan orang dengan orang, atas bawahan, dsb dapat berlandaskan teori setengah gelas setengah kosong yang dapat membuat hubungan itu menjadi tidaklah baik.

Hal itu yang meresahkan saya, entah sedang sensitif atau memang hanya praduga saja. Hari ini rasanya saya sedang menjadi secangkir gelas yang dinilai orang setengah kosong, melompong.. hampa.. dan tidak bermakna. Sorot mata itulah yang setengah menelanjangi itu yang buat saya jadi merasa setengah kosong. Padahal tentunya tiap orang tidaklah ada yang penuh,  pasti ada bagian yang kosong, yang terpenting adalah bagaimana kita lebih memaknai yang bagian yang terisi. Sebab dengan itu saya masih merasa dihargai dan memacu saya untuk lebih mengisi kembali bagian yang kosong tsb.

*) Buku karya Parlindungan Marpaung..

Silahkan tinggalkan komentar

