Bioekologi Tanaman Tomat

Tanaman tomat dapat dibudiyakan di dataran tinggi maupun dataran rendah. Sebagian besar sentra produsen tomat berada di dataran tinggi, yakni pada ketinggian antara 1000-1250 m dpl. Menurut Trisnawati dan Setiawan (2001), sifat tanah yang sesuai untuk budidaya tomat adalah tanah yang tidak becek atau tergenang, dengan pH 5,5-6,5. Pada tanah yang menggenang, pertumbuhan tanaman akan merana karena kesulitan menghisap unsur hara. Lebih lanjut, Rukmana (1995) menjelaskan bahwa tanaman tomat dapat tumbuh dan berproduksi pada berbagai jenis tanah, tetapi yang paling baik adalah pada tanah gembur, banyak mengandung bahan organik, serta sirkulasi udara dan tata air dalam tanah baik.

Suhu yang sesuai untuk pertumbuhan tomat pada siang hari adalah sekitar 240C dan pada malam hari antara 15-200C. Daerah yang perbedaan suhu siang dan malam harinya terlampau tinggi dapat memengaruhi pembentukan bunga, yakni menjadi rendah. Selain itu, suhu juga akan berpengaruh terhadap warna buah. Suhu yang ideal dan berpengaruh baik terhadap warna buah tomat adalah 24-280C, yakni tomat akan berwarna merah merata (Rukmana, 1995). Kelembapan relatif yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman tomat adalah 80% (Wiryanta, 2002).

Tanaman tomat sesuai ditanam di tempat yang terbuka dan cukup sinar matahari yakni antara 10-12 jam per hari dengan curah hujan pada kisaran 750-1250 mm per tahun. Kurangnya sinar matahari dapat menyebabkan pertumbuhan memanjang (etiolasi), batang lemah dan pucat karena pembentukan zat hijau daun (klorofil) tidak sempurna. Namun, sinar matahari yang terlalu terik juga kurangbaik untuk pertumbuhan tanaman tomat, karena transpirasi akan meningkat, sehingga buah dan bunga akan mudah gugur (Rukmana, 1995; Trisnawati dan Setiawan,2001; Wiryanta, 2002). Waktu penanaman tanaman tomat yang tepat adalah 2 bulan sebelum hujan berakhir. Hal ini dilakukan agar waktu berbuah jatuh pada musim kemarau, sebab apabila buah jatuh pada musim penghujan sebagian tomat tidak akan tahan terhadap serangan hama dan patogen (Wiryanta, 2002).

Iklan

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s