KERINDUAN AZZAM DI BAABUL ARFAN

Bismillahirrahmanirrahim

Sisa-sisa hujan sore ini masih terlihat dengan adanya embun di tepi daun pohon mangga di depan Mushola Baabul Arfan. Laki-laki bertubuh jangkung itu masih khidmat duduk bersila. Entahlah… ada suatu yang berbeda yang dirasakan Azzam, laki-laki kelas 3 SMA di kota kembang, Bandung yang telah 17 tahun ia tinggali sejak dirinya lahir. Belum sampai usai ia menikmati damainya sore ini dengan kekhasan anak rohis yang bertilawah, Rio datang dan mengingatkan untuk segera ke lapang.

“ Semua berbaris yang benar… INGAT!!! perlombaan ini tinggal H-7 kita tidak bisa hanya berleha-leha” suara Kang Rully menggema di lapang basket. Ya… ini adalah latihan rutin anak-anak PASKIBRA SMA Azzam yang akan mengikuti lomba baris-berbaris minggu depan.

“ Izin masuk Kang!” pinta Azzam.

“ Lencang kanan… GRAKK!!!!!

Azzam segera masuk dan menyesuaikan dengan barisan. Lagi-lagi suara di Mushola Baabul Arfan itu kembali terdengar, ada kedamaian ketika mendengarnya hingga membawa Azzam untuk memutar kembali saat-saat ia ketika datang ke mushola , disambut kehangatan ikhwan-ikhwan (istilah yang baru dikenal Azzam untuk laki-laki) yang ramah dan baik. Jabatan tangan mereka yang tak pernah ia dapatkan di organisasi manapun membuatnya seperti tak ada jarak dengan ikhwan-ikhwan itu, mereka serasa dekat dengan ku, batin Azzam.

“ Azzam…. apa yang kamu pikirkan sehingga barisan menjadi kacau!!!!“ hardik Kang Rully.

“ Keluar dari barisan dan tenangkan pikiranmu 3 menit lagi harus sudah bisa berkonsentrasi“ lanjut Kang Rully.

“SIAP Kang!“

Azzam segera menepi dari barisan dan mencoba untuk menjernihkan pikirannya, jangan sampai kekalahan teamnya nanti gara-gara pebuatan dirinya.

***

Assalamu’alaikum

Siti… entah kenapa aku selalu nyaman kalo di mushola?? aku nyaman kalo ada di sana, apalagi pas kemarin ujan-ujan dan dengerin orang ngaji, tenang banget. Tapi aku malu klo harus lama-lama di mushola. Oya pas istiraha kok mushola suka rame sih, pada sholat duha ya??Wah jadi pingin nih, tapi aku kan malu. Bukan anak rohis lagi. Gmn ya??

AZZam

Kertas itu dilipatnya dan dimasukkan ke dalam amplop putih. Besok pagi rencana Azzam mau memberikannya ke Siti, tamannya waktu kelas 1 dan 2 SMA yang juga ikut rohis. Azzam sudah berniat ingin belajar banyak tentang islam dan salah satunya lewat rohis SMA-nya. Azzam bersemangat berangkat ke sekolah dengan motor kesayangannya.

***

Bel istirahat berbunyi dan tandanya jam istirahat datang, Azzam dan teman-teman langsung menuju kantin A Jejen di belakang sekolah. Satu hal yang membuat Azzam tertarik, ya…. saat lewat mushola ada sebuah panggilan untuk datang ke sana dan ber-Duha sama anak-anak rohis itu!! Tapi Azzam belum bisa untuk melakukannya, ada perasaan takut, malu dan apa kata temennya yang pada gaul. Padahal kalo sholat Dzuhur atau ashar di mushola Azzam nggak masalah datang ke mushola.

Saat bel masuk berbunyi, dua orang wanita berjilbab putih mencegat Azzam di depan kelasnya, 3 IPA 4.

“Azzam…“ panggilnya lirih hampir tak terdengar.

“Ini… “ amplop putih itu sudah berpindah tangan ke tangan Azzam

“ Istiqomah ya….!!!” hanya itu pesan terakhir yang dikatakan pada Azzam sebelum ia masuk kelasnya. Secepat inikah Siti memberi balasan surat?padahal baru tadi pagi ia memberikan surat yang ditulisnya tadi malam. pikiran Azzam mulai menerka-nerka apa isi surat balasan dari Siti, hingga suara pak Wawan guru matematika tak terdengar ketika memintanya untuk mengerjakan soal di papan tulis.

“ AZZAM….!!!!” kini suaranya menggelar di dalam kelas.

“ Iya, Pak“

“ Kerjakan nomor lima, biasanya orang yang melamun pekerjaannya sudah beres“

Oups!!

Untunglah Azzam telah mengerjakan sampai nomor enam, jadi…. gak masalah tuh.

***

Siti menjanjikan akan mencarikan ikhwan untuk mangajak dan menemaniku ke mushola saat duha dan kegiatan rohis lainnya. Ia mensupport niat Azzam untuk belaar islam.Inti dari surat balasan Siti seperti itu, tapi mencarikan seorang IKHWAN?!?! BENARKAH?? SIAPAAA?!?! Muhammad Raysid Ridho yang ketua Rohis?? masa sih dia kan gak sekelas ma aku, akrab aja nggak. Indra??? Harist???? mereka kan anak IPS??baru beberapa kali ketemu,belum akrab jg.Siapa ya??? Azzam terus bergulat dengan pikirannya, kira-kira siapakah ikhwan itu???

***

Bel istirahat hari ini tak membuat Azzam semangat ke kantin. Ya iyalah, maklum Azzam sedang puasa sunah,Senin-Kamis, sekarang hari Kamis. Ya inii juga langkah awal untuk menjadi muslim yang baik.

“Azzam.. ke mushola yuk!“ ajak seorang laki-laki dibelakangnya.

“Hhh.. mh.. boleh, yuk!“

Azzam heran,secepat inikah ikhwan itu datang! Dan yang membuat terkejut lagi ternyata ikhwan itu teman sekelasku, Agung!!

Apakah aku bermimpi???Ough.. nggak kok. aku cubit pipiku terasa sakit,Azzam berbicara pada dirinya sendiri,hehe..

YA… Agung teman sekelas Azzam yang tak pernah Azzam perhatikan keberadaannya,karena memang saat ini baru kenaikan kelas, baru dua minggu jadi Azzam belum dekat dengan teman-temannya.

Getar-getar kerinduan akan sang pencipta hadir dalam sujud Azzam,

Ya Allah sudah lama hamba jauh dari-MU!!! Ampunilah dosa diri ini yang tak pernh mencoba untuk dekat dengan-MU. Ya Rabb…. bukankah ketika aku datang dengan berjalan maka Kau akan datang dengan berlari kepadaku, dan bukankah ketika aku berlari mengejar-Mu kau aka meloncat menghampiriku dan bukankah ketika aku loncat menghampiri-Mu, Kau akan mendekapku???? Maka saat ini dekaplah aku ya Rahim… jangan lepaskan aku dari cahaya-MU, dekaplah aku dalam hidayah-MU!!

Dalam do’anya Azzam memohon supaya tetap terjaga imannya dan mohon didekatkan dengan orang-orang sholeh yang bisa membawanya ke jalan yang benar. Terima kasih ya Allah telah menghadiahkan Siti dan Agung untuk memulai berjalan di jalan-Mu, di jalan yang lurus. Dan tentunya Azzam berdo’a semoga team PASKIBRA nya menang juara satu,hehe..

The End

Senin, 10 desember 2007

Iklan

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s