Aku.. kenangan teRindah Hasbi

Ketakutan seorang anak adalah ketika orang tuanya tidak menyayanginya lagi. Begitulah kegelisahan yang Hasbi alami, setidaknya untuk saat ini. Tidak akan ada yang pernah meragukan kasih sayang orang tua bukan??.

Perlahan, Hasbi yang telah menghabiskan siangnya dengan memadang hujan segera berangsur dari balkon lantai dua rumahnya. Tergambar jelas kegelisahannya lewat nafasnya yang selalu ia tarik panjang dan ia hembuskan dengan kasar.

“ Aku bingung !!” Ia mulai mengeluarkan isi hatinya.

Ia kembali menghela nafas panjang, memutar arah pandangannya padaku, sebingkai foto berukuran besar di dinding kamarnya ia amati. Ibu Hasbi begitu ceria memeluk Malik, adiknya, dan Ayahnya megelus dirinya sendiri. Aku sendiri hanya bisa terdiam melihat Hasbi, teman baikku. Tak bisa aku menanggung apa yang dirasakannya, kehilangan seorang Ayah yang ia cintai tentulah sangat berat.

Hasbi menghampiriku, tentu saja aku berharap kehadiranku bisa meringankan bebannya.

” Menjadi anak sulung itu berat ya ” Ia menatapku, ” sekarang yang bertanggungjawab di rumah ini aku ” lanjutnya.

Dan aku akan selalu menjadi temanmu Hasbi, lirih aku mencoba menguatkannya.

Hasbi memegangku dan berkata lirih, ” Ibu akan menikah lagi !!!”

” Entah kapan ?? ”

” tapi pasti. Ibu masih muda dan pintar, setidaknya laki-laki mana yang tidak berniat mempersunting Ibu ”.

Hasbi memalingkan wajahnya, dari balik jendela hujan yang belum juga turun. Entahlah aku pikir suasana siang ini begitu melankolis. Tak ada terik matahari, gerombolan asap putih dan langit biru terebentang.

” Aku belum tahu apa yang harus aku lakukan ”.

” AKu takut Ibu tidak sayang lagi ! Aku belum mau punya AYAH BARU!!!”

Hasbi berhenti bercerita padaku, lalu ia pergi membanting pintu, entah ke mana. Kini aku hanya berada bersama kenangan-kenangan Hasbi,bersama foto dirinya bersama orangtua dan adiknya, ya.. karena aku hanyalah sebuah bingkai foto keluarga Hasbi yang akan menjadi kenangan terindah bagi Hasbi.

(tulisan ini saya posting ulang,, saya menulisnya tanggal 27 Oktober 2008)

Silahkan tinggalkan komentar

