Pemanfaatan Limbah Kulit Telur Ayam dalam Pengendalian Penyakit Layu Fusarium pada Tanaman Tomat

RINGKASAN

Salah satu kendala dalam budidaya tomat adalah adanya gangguan dari penyakit tanaman, salah satunya adalah penyakit layu Fusarium. Pengendalian yang sering dilakukan adalah dengan pestisida yang berpotensi mencemari lingkungan. Residu pestisida yang ditimbulkan, telah menjadi isu lingkungan pertanian yang ditengarai berkontribusi terhadap pemanasan global.

Kulit telur merupakan limbah dapur yang berpotensi untuk dimanfaatkan. Kulit telur mempunyai komposisi utama CaCO3 yang akan menjadi limbah dan bisa menyebabkan polusi karena aktivitas mikroba di lingkungan. Sejauh ini limbah kulit telur belum dimanfaatkan di bidang pertanian. Padahal 97% kandungan kalisum pada kulit telur berpotensi sebagai agensia pengimbas ketahanan tanaman terhadap penyakit layu Fusarium. Oleh karena itu, penulisan PKM-GT ini bertujuan untuk mengkaji manfaat limbah kulit dalam menekan penyakit layu Fusarium dan ketahanan tanaman tomat terhadap penyakit layu Fusarium.

Metode penulisan PKM-GT ini adalah metode dskriptif analitis yaitu : (1) Mengidentifikasi permasalahan berdasarkan fakta dan data yang ada, (2) Menganalisis permasalahan berdasarkan pustaka dan data pendukung lain, (3) Mencari alternatif pemecahan permasalahan yaitu memberikan deskripsi dan gagasan yang ditawarkan dalam bentuk strategi implementasi. Data yang digunakan adalah sekunder yang berasal dari jurnal ilmiah, laporan penelitian, internet, buku teks, dan referensi pendukung lain yang berkaitan dan sesuai.

Pemanfaatan limbah kulit telur ayam dilakukan melalui kerjasama dengan beberapa pihak seperti pengusaha roti, mie, warung makan dan restoran sebagai produsen limbah kulit telur serta kelompok tani dan pelaku agribisnis sebagai pengguna. Langkah yang dilakukan untuk implementasi yaitu dengan menjalin kerjasama dengan produsen tetap sebagi mitra, melakukan analisis dan uji skala laboratorium dan lapang, pengemasan, pematenan, serta penyuluhan dan penjualan.

Adapun simpulan yang dapat diambil yaitu: (1) Limbah kulit telur ayam dapat dimanfaatkan dalam pengendalian penyakit tanaman, khususnya layu Fusarium pada tanaman tomat. (2) Teknik implementasi yang digunakan dengan menjalin kerjasama dengan penyedia kulit telur. Proses penggilingan, pengemasan, pematenan, penyuluhan dan pemasaran produk. (3) Pemanfaatan limbah kulit telur mampu menekan penyakit layu Fusarium dan meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat. (4) Pemanfaatan ini dapat berdampak pada terciptanya industri kecil pengolahan limbah kulitt telur.

Penulis juga memberikan saran : (1) meningkatkan pemanfaatan limbah kulit telur ayam dalam pengendalian penyakit layu Fusarium, sehingga dapat mengatasi pencemaran lingkungan karena limbah kulit telur ayam. (2) sebaiknya pemanfaatan tidak hanya terbatas pada pengendalian satu penyakit saja tapi dapat juga dimanfaatkan untuk penyakit tanaman lainnya.

About these ads

About Evan

Sungguh saya adalah orang spesial, sebab tidak akan ada seseorang yang mampu mengalamai pengalaman yang persis dengan saya lalui.

8 responses to “Pemanfaatan Limbah Kulit Telur Ayam dalam Pengendalian Penyakit Layu Fusarium pada Tanaman Tomat”

  1. Gracia says :

    Para pakar pertenakan juga bisa mencari guna dari sisa telur iru, mis kulit telur.
    supaya residu yanmg digunakan bisa bermanfaatkan…
    semangat untuk mempersembahkan cinta terhadap tanaman..

  2. efunt says :

    Oke… terima kasih gracia infonya.. mmm.. klo ndak salah di bidang peternakan kulit telur sudah ada yang makai sebagai pakan ternak

  3. riyan pamungkas says :

    saya sedang membuat film dokumenter tentang manfaat kulit telur, saya butuh video pembuatan kulit telur menjadi pupuk dan sebagainya…apa bisa bantu saya, saya sangat berharap sekali. terimakasih. hubungi saya ( Riyan 085697921868)

  4. saputra says :

    pi bagaimana ya cara memanfaatkannya ….dan gmana klo dimanfaatkan ke tanaman lain seperti tanaman berlapis….

  5. Evan says :

    riyan pamungkas : mohon maaf mas pesannya baru kebaca
    saputra : kebetulan saya penelitiannya mengenai cangkang telur bisa di baca di postingan http://z47d.wordpress.com/2011/06/09/makalah-semnas-pengimbasan-ketahanan-tanaman-tomat-terhadap-layu-fusarium-dengan-kulit-telur/

  6. aprita says :

    saya tertarik dengan judul “SEBAGAI PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM PADA TANAMAN TOMAT”, lalu bagaimana cara membuatnya? dibuat sperti pupuk cairkah atau gmna?

  7. sonya nur alvionita says :

    saya tertarik dg penelitiannya, boleh tau cara kerja nya gakk ??

  8. sasa says :

    kulit telur yang digunakan pada pengolahan diatas termasuk dengan lapisan membran tipis yang melekat dicangkangnya kan?
    bagaimana mengenai kandungan lapisan membran tipis dari cangkang kulit telur tersebut? barangkali anda bisa memberi informasi.. :) terimakasih

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: